pengertian microsoft excel

PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL

Posted by: on: Februari 7, 2009

Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.

Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.

Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.

Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel. Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom Types.

Didalam program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.

Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.

2. Descending atau pengurutan dari yang besar ke yang kecil.

Microsoft EXCEL
Pengajar : Drs. Jesayas Anggiat Sirait

Gambar Komputer PC-IBM CompatibleMicrosoft EXCEL adalah salah satu program spreadsheet yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Dalam perkembangannya Microsoft Excel dibuat dalam berbagai jenis platform, semula dalam versi DOS, kini juga ada dalam versi Windows, versi OS/2, versi MacOS dan versi Windows NT. Program Microsoft Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik. Misalnya untuk membuat tabel daftar nama siswa berikut nilai ulangannya, rata-rata nilainya serta grafik nilai siswa. Dalam aplikasi perkantoran misalnya untuk membuat tabel daftar karyawan berikut posisi jabatan masing-masing karyawan dan besarnya gaji serta tunjangannya, dan masih banyak lagi lainnya.

Microsoft EXCEL

MICROSOFT EXCEL

1. Sejarah Microsoft Excel

2. Dasar-dasar penggunaan

3. Mengenal Spreadsheet Excel

Sejarah Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain).

Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet. Tabel di bawah ini menjelaskan kronologis singkat pengembangan Microsoft Excel.

Versi Tahun Keterangan
2 1987 Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
3 1990 Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya.
4 1992 Adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
5 1993 Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook.
7* 1995 Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
8 1997 Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
9 1999 Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
10 2001 Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).

Dasar-dasar Penggunaan
Untuk dapat menggunakan Microsoft Excel, idealnya Anda harus terlebih dahulu menguasai dasar-dasar penggunaan Microsoft Windows dan penggunaan mouse. Anda juga harus sudah mengenal istilah-istilah komputer yang terdapat di sini dan mengenal fungsi tombol-tombol pada keyboard. Sebab nanti dalam prakteknya, sangat penting dan membantu Anda mempersingkat waktu, dibandingkan jika Anda tidak mengenal dan tidak mengetahui sama sekali.

Program Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office pada Windows 3.1Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel pada Windows versi 3.1 dan 3.11 maka dari Program Manager, arahkan pointer mouse ke icon group Microsoft Office lalu klik dua kali tombol sebelah kiri mouse. Setelah jendela Microsoft Office terbuka (lihat Gambar 1 disebelah), arahkan pointer mouse ke icon program Microsoft Excel lalu klik dua kali lagi.

Gambar 1
Microsoft Excel
pada Win 3.11

Sedangkan pada Windows 95/98/2000/Millenium, caranya click tombol Start, lalu pilih Programs, kemudian sorot dan click Microsoft Excel (lihat gambar dibawah ini). Atau jika sudah terdapat icon Microsoft Excel, maka icon tersebut dapat langsung di click dua kali untuk mengaktifkan program Microsoft Excel.

Mengenal Spreadsheet

1. Tampilan Menu Excel

Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah : Title Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar 3 ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1 yang terdiri atas :

1. Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help
2. Standard Toolbar, berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
3. Format Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan desimal dll (Perhatikan Gambar 3 dibawah ini).
4. Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar 3 dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong.
5. Area lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel. Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan antara kolom B dan baris ke-3.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
6. Lajur Status Indikator

 

Internet browser adalah program yang mendukung untuk berinteraksi diinternet baik berupa gambar, teks dan informasi yang ada pada halaman web

Macam-macam internet browser:

A. Internet Explorer (IE)

Kelebihan :

  • Menyediakan add-ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
  • Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
  • Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yangterhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
  • Bisa dipasang Google Chrome Frame agar lebih cepat

Kekurangan :

  • Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
  • Agak berat saat start awal dan saat membuka tab baru
  • Terlalu banyak menu/command bar, sehingga bagi orang awam akan sedikit membingungkan dan terkesan kurang praktis, tapi bisa dimodifikasi.

B. Mozilla Firefox

Kelebihan :

  • Banyak fitur tambahan (add-ons) yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan
  • Cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Bisa membuka halaman Wapsite yang dikhususkan untuk ponsel/hp.
  • Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat
  • Security yang lebih handal
  • Ukuran download yang jauh lebih kecil.
  • Banyak tersedia addons untuk kelengkapan fungsi dari firefox
  • Ada komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester)
  • Kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE

Kekurangan :

  • Saat mulai start loadingnya lumayan lama, apalagi jika banyak add-ons yang terinstall
  • Kadang-kadang terjadi hang/crash.
  • Startup time (waktu menjalankan program pertama kali) sangat lambat dan berat.
  • Tidak berfungsi optimal bila tidak ditambahi addons
  • Para krackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar.
  • Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja
  • Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. (berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3)

C. Opera

Kelebihan :

  • Lumayan Ringan dan cepat
  • Memiliki email client dan rss sendiri (terintegrasi), jadi kita tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  • Pemanggilan kembali Cache cepat
  • Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
  • Memiliki fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat
  • Bisa diintegrasikan (sinkron) dengan Opera Mini khusus ponsel
  • Bagi pengguna Opera Community, ada tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Opera yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun
  • Bisa membuka halaman Wapsite yg dikhususkan untuk ponsel.

Kekurangan :

  • Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
  • Saat koneksi lambat, fitur Turbo kurang begitu terasa efeknya;
  • Terlalu banyak menu/bar sehingga terkesan kurang praktis, tapi bisa dimodifikasi.

D. Google Chrome

Kelebihan :

  • Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
  • Desainnya simpel, minimalis dan praktis, sehingga halaman situs yang sedang dibuka akan terlihat lebih lapang dan luas. Cocok untuk Komputer/PC yang berlayar mini/kecil, seperti Netbook dll.
  • Updatenya sering, cepat dan mudah
  • Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
  • Banyak fitur tambahan (add-ons/extensions) yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan, bahkan banyak juga add-ons/extensions yang diadopsi dari firefox
  • Bagi pengguna Gmail (Google Mail), akan dimanjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Google yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun
  • Bisa gonta-ganti skin/theme yang lumayan banyak dan bervariasi
  • Bisa membuka halaman Wapsite yg dikhususkan untuk ponsel/hp
  • Terintegrasi dengan Google Translate sehingga akan lebih memudahkan kita untuk menterjemahkan halaman yang sedang dibuka ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia
  • Terintegrasi dengan Google Search, untuk mencari informasi via m’Bah Google cukup memasukan kata kunci dalam address bar Google Chrome. Lebih simpel dan praktis
  • Pengguna Google Chrome akan dimanjakan oleh fasilitas milik Google
  • Lebih mudah untuk edit kode HTML terutama dalam mencari kode tertentu.

Kekurangan :

  • Hang/crash
  • Error saat membaca CSS termasuk javascriptnya
  • Ada gambar yang tidak bisa dibuka (tidak nampak)
  • Tidak bisa membuka situs/halaman tertentu
  • Agak lambat jika dipasang terlalu banyak add-ons/extensions;-

 

Situs adalah kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan gabungan dari semuanya baik yang bersifat statis maupun dinamis yang masing-masing digabungkan dengan  link-link

Macam-macam situs:

  1. Domain Name yaitu alamat permanen situs didunia internet yang di gunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
    1. A.     Generick domain Macam-macamnya :
    2. .com/.net adalah top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan komersial
    3. .edu adalah domain yang ditujukan untuk kebutuhan hidup education
    4. .gov adalah domain yang ditujukan untuk kebutuhan pemerintahan
    5. .mil adalah domain yang ditujukan untuk kebutuhan angkatan bersenjata
    6. .org adalah domain yang ditujukan untuk kebutuhan organisasi/lembaga non profil
    7. Country-spesific domain yaitu domain yang berkaitan dengan 2 huruf extensi dan sering juga disebut second level domain
  2. Hostingadalah sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat penyimpan berbagai data, gambar yang akan ditampilkan di situs besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting
  3. Scripts adalah bahasa yang digunakan untuk menterjemahkan setiap perintah dalam situs pada saat diakses

Jens-jenis scripts yaitu :

  1. html
  2. asp
  3. php
  4. jsp
  5. java scripts
  6. java apple

cara menyalin data menggunakan perintah Copy:

  1. Blog terlebih dahulu sel/range yang akan disalin.
  2. Klik tombol Copy pada tab Home dalam group Clipboard/dengan menekan tombol Ctrl+C pada keyboard.
  3. Pilih/klik sel tujuan yang akan diinginkan untuk menempatkan data salinan
  4. Pilih dan klik tombol Paste pada tab Home dalam group Clipboard/denagn menekan tombol Ctrl+V pada keyboard
  5. Hasil salinan akan muncul pada sel atau range yang kita pilih

cara menyalin data menggunakan Drag and Drop

  1. blok terlebih dahulu sel/range yang akan disalin
  2. teka tombol ctrl pada keyboarddan arahkan pointer mouse pada posisi garis batas sel/range, dan klik mouse sampai pointer mouse berbentuk tanda panah kearah kiri atas dan muncul tanda plus kecil
  3. tekan mouse jangan dilepas dan geser ketempat yang diinginkan
  4. lepaskan tombol klik pada mouse
  5. hasil salinan akan muncul pada sel atau range yang kita pilih

Sel aktif adalah suatu bagian terkecil dari workbook yang dapat diisi dengan data (bisa berupa angka, teks, atau formula /rumus).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s